Pengenalan Teknologi Web



Web merupakan salah satu fasilitas di internet. Web sendiri merupakan kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain yang menggunakan protokol HTTP dan untuk mengaksesnya menggunakan “browser”. browser merupakan perangkat lunak untuk menampilkan halaman-halaman web dalam format HTML. contoh browser/ web browser diantaranya adalah: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.

  • · web dinamis dan web statis

secara umum web dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu web dinamis dan web statis. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari isi/ “content” jenis web tersebut. web dinamis adalah jenis web yang isinya selalu berubah-ubah/ uptodate. contoh web dinamis adalah web berita, web perdagangan (e-commerce), sedangkan web statis merupakan jenis web yang isinya tidak berubah-ubah biasanya web jenis ini dibuat menggunakan teknologi HTML yang isinya tidak dapat dirubah kecuali dengan cara merubah langsung isinya dari file aslinya (*.html).Pemrograman Web

secara umum pemrograman web dapat dibagi 2, yaitu: client side scripting dan server side scripting. perbedaan dari kedua jenis script ini adalah pada bagaimana script tersebut di proses dan tentu saja dari sintaks program yang digunakan.
client side scripting (CSS), merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan/ interpreted”. yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser. agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side scripting. berikut contoh web browser yang populer digunakan: internet explorer, mozilla firefox, opera., safari. berikut adalah contoh client side scripting: HTML (hypertext markup language), java script, XML (extensible markup language), CSS (cascading style sheet). client side scripting merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman web statis.

server side scripting (SSS), merupakan script yang pengolahannya (baca: diterjemahkan) di sisi server. server yang dimaksud disini adalah sebuah komponen yang biasa disebut web server yang didalamnya terintegrasi dengan sebuah mesin (engine)/ modul yang didalamnya terdapat daftar pustaka (library) yang mampu menterjemahkan script-script tersebut yang kemudian setelah di terjemahkan di server kemudian dikirim (ditampilkan) ke client (web browser) dalam format HTML (hypertext markup language). mesin (engine) tersebut harus di install terlebih dahulu karena mesin-mesin tersebut memiliki karakteristik yang berbeda untuk tiap script (bahasa pemrograman) yang digunakan. berikut contoh server side scripting: PHP (PHP pre processor), ASP (active server pages), JSP (java server pages). server side scripting digunakan untuk membuat halaman web dinamis. hal ini disebabkan karena server side scripting memiliki kelebihan, diantaranya: mampu berinteraksi dengan banyak perangkat lunak basis data (database), mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sistem operasi dan perangkat keras komputer, mampu dijalankan di semua sistem operasi (multi plattform), aman karena scriptnya di proses di server yang tidak dapat dilihat dari sisi client (web browser).

  • · komponen-komponen penyusun web

untuk membuat web, diperlukan beberapa komponen yang harus ada (ter-install) didalam komputer, yaitu:

1. web browser, merupakan perangkat lunak wajib yang harus terdapat di komputer. karena untuk menjalankan aplikasi web harus menggunakan web browser. beberapa contohnya: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.

2. web server, merupakan perangkat lunak wajib jika membuat sebuah halaman web dinamis. dalam web server semua script-script web yang dibuat diletakkan. biasanya diletakkan dalam “document root” dalam web server tersebut. dengan menggunakan web server maka pembuat web dapat melakukan uji coba terhadap halaman-halaman web yang dibuat tanpa harus mencobanya di internet langsung (localhost). berikut contoh web server: IIS (internet information services) terdapat pada windows NT/ XP/ 2000 Server untuk ASP dan PHP, PWS (personal web server) terdapat pada Windows 98 SE untuk ASP dan PHP, Apache web server dapat di install di semua sistem operasi untuk PHP, Apache Tomcat dapat di install di semua sistem operasi untuk JSP (java server pages).

3. script, merupakan script yang digunakan. untuk membuat web statis menggunakan client side scripting (HTML, XML, CSS style sheet, java script). untuk membuat web dinamis menggunakan server side scripting (ASP, PHP, JSP).

4. database server, merupakan tempat penyimpan data dalam sebuah web. contohnya: MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2 (IBM), PostgreSQL.

5. web editor, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah script yang digunakan baik itu client side scripting ataupun server side scripting bahkan beberapa web editor dapat digunakan untuk mengatur layout/ tampilan halaman web secara instant. berikut contoh web editor: Notepad, Macromedia Dreamweaver, Ultra Edit, Adobe Go Live, NetBean.

6. image editor, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola gambar-gambar dan animasi yang nantinya akan digunakan didalam halaman web yang akan dibuat. berikut contohnya: adobe photoshop, corell draw, macromedia flash.
Web browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer.

dengan menerapkan Graphical User Interface (GUI), para pengguna Internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat dalam internet dengan mudah. Contoh web browser Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla fairfox, Mozaic, Google.
Contoh beberapa domain name antara lain.

a. Net : Penyedia ajsa koneksi internet

b. Edu atau ac : Lembaga pendidikan atau Universitas

c. co, com : Perusahaan Komersial

d. or, org : Organisasi non profit atau yayasan

e. mil : Lembaga kemiliteran

URL
URL atau Uniform Resorce Locator: alamat lengkap untuk menunjukkan suatu bentuk informasi di dalam Internet. Susunan sebuah URL umumnya sebagai berikut

http://www.ipi.or.id/proramK.htm
http adalah jenis layanannya yaitu web yang dilayani melalui protokol http
http://www.ipi.or.id adalah nama domain dari suatu host/server web adalah direktori
programK.htm adalah sebuah file HTM URL dipakai untuk menunjukkan halaman tertentu atau file tertentu dalam suatu browser.
Untuk mengakses World Wide Web digunakan HTTP client yang disebut browser. Browser adalah program yang menggunakan protokol HTTP.

JENIS DOKUMEN DI WEBSITE

Dokumen Website, adalah dokumen teks dan multimedia. Multimedia adalah data suara, gambar, video dan hal-hal interaktif§ Dokumen teks, teks terkompresi *.zip§html (hypertext markup language)§ GIF, JPG (gambar terkompresi)§ TXT (teks)§AVI (gambar bergerak terkompresi)§ WAV (suara berformat analog)§MEMBUAT DOKUMEN HTML Dokumen HTML (Hypertext Mark-up Lan§guage) Dokumen bernotasi yang dapat diproses lebih lanjut oleh program-program browser.§ Dokumen HTML dg aplikasi NOTEPAD: notasi-notasi yang menjadi standar dokumen HTML§ Aplikasi MS Word§ yang dapat digunakan untuk mengetik seperti biasa Aplikasi Frontpage, adalah aplikasi khusus untuk pembuatan HTML§

di kutip dari:http://adjie-ehm.blogspot.com/2010/03/sejarah-teknologi-web.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s